Rapat Rutin Kepala Dusun, Desa Cijulang

DSCN3810

Desa Cijulang selalu ada kegiatan rapat rutin antara kepala dusun dengan aparat desa lainnya seperti kepala desa, sekretaris desa, dan lain-lain. Pada kesempatan rapat yang pertama, mahasiswa KKNM diundang untuk menghadiri rapat tersebut. Rapat ini merupakan rapat rutin yang diadakan di Desa Cijulang. Peserta KKNM diundang untuk mengikuti rapat ini. Peserta yang mengikuti dan hadir di rapat ini adalah Febe Elizabeth, Henry Pangaribuan, Nurwulan Ramadhani, dan Kokentyo Juniawan. Rapat yang berlangsung di kantor kepala desa Cijulang, dimulai pukul 10.30 WIB – 12.00 WIB. Rapat ini dihadiri oleh seluruh kepala dusun Desa Cijulang yang terdiri dari dusun Barengkok, Nusagede, Haurseah, Ciwaru, dan Kalenwadas selain itu juga dihadiri oleh aparat desa lain yaitu sekertaris desa, kasi ekbang (Kepala Seksi Ekonomi Pembangunan), dan Kasi Kesra (Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat) . Rapat ini dipimpin oleh kepala desa Cijulang.

Rapat ini awalnya membahas masalah penyaluran zakat dimana di desa ini penyaluran zakat tidak melalui lembaga sehingga pembagiannya kurang merata. Setelah itu membahas mengenai kegiatan KKNM di desa ini. Berdasarkan rapat ini, didapatkan informasi potensi-potensi yang dimiliki oleh tiap dusunnya, kegiatan-kegiatan serta organisasi yang ada di desa ini. Informasi yang didapatkan salah satunya adalah kegiatan rutin yang diadakan oleh desa ini yaitu kegiatan posyandu yang diadakan sekali setiap bulannya di tiap dusun. Selain itu juga diladapatkan informasi organisasi aktif yang ada di desa ini yaitu PKK dan POSKB. Kegiatan yang dilakukan oleh PKK adalah mengadakan posyandu serta pengajian rutin, sedangkan POSKB bertugas mendata ibu hamil, jumlah kepala keluarga, jumlah warga, dan peserta KB yang ada di desa ini. Informasi lain adalah potensi dari tiap dusun di desa ini seperti pertanian, peternakan, serta ukm-ukm yang ada di tiap dusun. Selain itu, rapat ini juga memperkenalkan peserta KKNM dengan aparat desa lainnya yaitu kepala dusun dan peserta rapat lainnya. Manfaat rapat ini yaitu didapatkan informasi tentang desa yang berguna untuk pembuatan program kerja KKNM di desa Cijulang.

Kendala yang dihadapi adalah terlambatnya pelaksanaan rapat dimana rapat seharusnya mulai pukul 09.00WIB tetapi baru dimulai pukul 10.30 WIB. Selain itu, masih kentalnya budaya Sunda sehingga dalam rapat masih digunakan bahasa Sunda yang membuat peserta tidak sepenuhnya mengerti kecuali peserta yang memang mengerti bahasa Sunda.

Setelah itu, untuk minggu kedua dan minggu ketiga, perwakilan mahasiswa KKNM juga mengikuti lagi rapat ini. Dengan rapat ini, mahasiswa dapat sekaligus memberitahukan kegiatan yang akan dilaksanakan oleh peserta KKNM di desa tersebut, sehingga kepala dusun juga dapat membantu untuk menyukseskan acara tersebut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: