Orientasi Perekonomian Desa Cijulang

Industri Pembuatan Nata de Coco

Aktivitas perekonomian Desa Cijulang umumnya berupa perekonomian agraris dimana pertanian merupakan sumber mata pencaharian utama di desa itu. Selain itu, di desa ini juga ada yang beternak, perikanan, industri kecil dan menengah seperti usaha buat opak, nata de coco, dan lain lain, serta ada yang perdagangan, dan usaha lain seprti gas, listrik, BBM, dan air, serta jasa keterampilan.

Industri Pembuatan Nata de Coco

Bidang pertanian di Desa Cijulang ini umumnya bertani dengan monokultur. Komoditas utama yang ada di desa ini adalah padi sawah, walaupun komoditas tanaman lain juga mendukung untuk di Desa ini salah satunya adalah tanaman jagung. Untuk komoditas sayur-sayuran dan buah-buahan umumnya ada cabe, tomat, pisang, yang umumnya ditanam di dekat rumah untuk keperluan pribadi. Desa ini terletak dengan cuaca pantai, sehingga banyak juga terdapat komoditas tanaman pantai seperti kelapa, bakau, mangrove, palem, nipah, dan lain-lain. Untuk rantai pemasaran hasil dari seluruh kmoditas pertanian umumnya ada yang dijual langsung ke konsumen, ada yang dijual langsung ke tengkulak dan pengecer dan sebagian lainnya dikonsumsi pribadi. Warga desa ini ada yang memiliki tanah sawah sendiri dan ada yang sebagai buruh tani. Warga yang memiliki tanah sawah sebanyak 672 orang sedangkan warga buruh tani lebih banyak yaitu sebesar 720 orang. Dengan begitu, jumlah warga yang bekerja di sub sektor pertanian sebanyak 1392 orang.

Desa Cijulang tidak memiliki warga yang bekerja di bidang perkebunan. Dalam hal peternakan yang utama di Desa Cijulang adalah peternakan sapi potong yang dikelola oleh kelompok ternak. Selain itu juga banyak warga yang beternak kambing, domba, dan ayam. Ayam yang diternakkan adalah ayam petelur dan pedaging yang umumnya adalah ayam kampung. Jumlah warga yang pemilik ternak kambing sebanyak 2 orang, ternak sapi sebanyak 65 orang, ternak ayam 120 orang, pemilik ternak itik sebanyak 4 orang, dan pemilik ternak domba sebanyak 17 orang. Berarti jumlah warga yang bekerja di sektor peternakan sejumlah 268 orang.

Sub sektor perikanan, terdapat 68 orang yang merupakan pemilik kolam. Desa ini merupakan desa yang terletak berdekatan dengan pantai, sehingga banyak warga yang bekerja di perikanan. Dusun Nusagede merupakan dusun yang paling banyak memiliki warga yang bekerja di sektor pertanian karena memiliki kawasan perairan yang luas.

Di sektor jasa dan perdagangan, terdiri dari warga yang bekerja di jasa pemerintahan, jasa perdagangan, jasa komunikasi dan angkutan, dan jasa keterampilan. Di bidang jasa pemerintahan, umumnya warga banyak yang bekerja sebagai guru sebanyak 80 orang, atau ada yang merupakan pensiunan TNI/ Polri dan Sipil sebanyak 50 orang. Bidang jasa perdagangan, umumnya warga berjualan di pasar atau memiliki warung. Pemilik warung di desa ini sebanyak 58 orang. Di jasa komunikasi dan angkutan umumnya terdapat angkutan sepeda motor sebanyak 54 orang, dan jasa keterampilan terdapat tukang kayu maupun tukang jahit sebanyak 21 orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: