Orientasi Kebangsaan dan Pemerintahan Desa Cijulang

Orientasi berbangsa dan berpemerintah mencakup kesadaran masyarakan dalam hal berbangsa dan berpemerintah. Warga memiliki kewajiban untuk membayar pajak bumi dan bangunan. Jumlah wajib pajak sebanyak 7796 warga, jumlah wajib pajak PBB yang bermukim di luar Desa sebanyak 860 warga. Target penerimaan PBB desa ini sebesar Rp 68.546.400,- dan target tersebut direalisasikan dengan jumlah sesuai target yaitu sebesar Rp 68.546.400,-.

Seperti yang kita ketahui, Indonesia merupakan negara demokrasi dimana pemimpin dipilih oleh masyarakat. Jumlah penduduk yang telah memiliki hak pilih di Desa ini adalah sebanyak 4.680 orang dari jumlah warga sebanyak 5.825 orang. Sedangkan jumlah penduduk yang menggunakan hak pilih hanya sedikit yaitu sebesar 582 orang. Hal ini berarti, masih sangat kurang partisipasi dari masyarakat desa Cijulang untuk ikut turut serta dalam kegiatan pemilu. Hal ini kemungkinan karena masih kurangnya informasi tentang pemilu, ketidakpedulian warga dengan pemilu, dan lain-lain.

Partisipasi masyarakat dalam pembangunan juga masih kurang dapat dilihat partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan desa hanya sebesar 6%, pengambilan keputusan kepala desa sebesar 15%. Dalam masyarakat desa Cijulang, pelestarian pembangunan Gedung sekolah dan tempat peribadatan masih berjalan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: