Cerita Tentang C3 – Cijulang Cerdas Ceria

EDIT2

This slideshow requires JavaScript.

Image

Berbeda-beda orang, berbeda sifat, berbeda jenis kelamin, berbeda agama, berbeda asal, berbeda jurusan, berbeda fakultas, tetapi satu universitas dan dipertemukan dalam satu rumah di dalam satu desa dalam satu kecamatan dan satu kabupaten. Ya, itu lah kami, mahasiswa KKNM Desa Cijulang, Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis.

  Kelompok KKNM ini diberi nama CCC yang merupakan singkatan dari Cijulang Cerdas Ceria. Apa sejarahnya? Tidak ada yang mengerti, nama itu keluar begitu saja. Kelompok CCC terdiri atas 20 orang dimana wanita 17 orang dan laki-laki hanya 3 orang. Kelompok ini dikoordinator oleh seorang lelaki sunda yaitu Henhen Suhendi, mahasiswa fakultas pertanian angkatan 2007 dengan wakil yaitu Febe Elizabeth, mahasiswi Jurusan Teknologi Industri Pangan, Fakultas Teknologi Industri Pertanian (FTIP), angkatan 2010. Selain koordinator desa, ada juga sekertaris dan bendaharanya. Sekertaris 1 adalah Henry Pangaribuan, mahasiswa jurusan Teknologi Industri Pangan, FTIP, 2010 dengan pasangannya sekertaris 2 yaitu Eva Sianturi, mahasiswi fakultas Psikologi, 2009. Bendahara yang bertugas mengatur keuangan selama hidup di desa ini diatur oleh Kokentyo Juniawan, mahasiswa jurusan ilmu Kimia, FMIPA 2009 dengan wakilnya Urai Ratna Manikam, Fakultas Ekonomi, 2009.

 Selama KKN, kami tinggal di dusun Ciwaru, Desa Cijulang. Secara tempat, amat beruntung karena kami mendapatkan rumah yang luas, dan dekat dengan tempat-tempat yang menjual kebutuhan sehari-hari yaitu minimarket, pasar modern, bahkan atm, selain itu tempat kami juga dekat dengan kantor desa dan kantor camat.

Dalam rangka KKN, sudah tentu kami menyiapkan program kerja selama kkn ini. Kebanyakan dari proker kami adalah observasi sekaligus belajar ke tempat-tempat yang ada di desa ini seperti pertaniannya, peternakannya, maupun usaha-usaha yang ada di desa ini seperti pembuatan nata de coco, pembuatan opak, dan lain sebagainya.

Selain mengerjakan seluruh proker, tentunya C3 tetap melakukan kegiatan rutin lainnya yaitu piket harian. Piket harian terdiri dari piket masak siang, masak malam, bersih-bersih dan piket belanja. Piket ini juga yang menambahkan keakraban diantara kami. C3 ini berada di bawah naungan dosen pembimbing lapangan, Drs. Martua Suhunan Sianipar, MS. Dosen ini lah yang membantu kami dan memberikan saran-saran selama proses KKN.

Banyak cerita yang dialami oleh C3 ini, baik senang, sedih, semuanya telah dialami selama proses KKN ini. Seru, dan terkadang bosan, ingin pulang, atau bahkan masih ingin lama tinggal di desa itu. yang pastinya, 1 bulan memang waktu yang kurang untuk dapat mengenal lebih dalam lagi tentang Desa Cijulang, desa yang mulai berkembang menjadi kota. Meskipun KKN telah usai, C3 akan selalu menjadi warga desa Cijulang yang cerdas dan ceria. (hp)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: