Profil Desa Cijulang

Desa Cijulang merupakan sebuah desa yang terletak di Kecamatan Cijulang, Kabupaten Ciamis. Desa Cijulang mempunyai jumlah warga total 5.825 orang dan jumlah kepala keluarga 1.932 dengan jumlah penduduk laki-laki sebanyak 2.870 orang dan jumlah penduduk perempuan 2.955 orang. Seluruh penduduk desa Cijulang beragama Islam. Dengan kondisi geografis yaitu ketinggian tanah 6,5 m Dpl dan kesuburan tanahnya sedang dengan luas 246 Ha. Sedangkan curah hujan Desa Cijulang yaitu 450mm/hg. Batas wilayah desa Cijulang:

Batas

Desa/Kelurahan

Kecamatan

Sebelah Utara Kondangjajar Cijulang
Sebelah Selatan Batukaras Cijulang
Sebelah Timur Batukaras Cijulang
Sebelah Barat Kertayasa Cijulang

Tabel 1.1 Batas wilayah Desa Cijulang

Desa Cijulang terdiri dari lima dusun, yaitu:

  1. Dusun Ciwaru
  2. Dusun Haurseah
  3. Dusun Kalenwadas
  4. Dusun Barengkok
  5. Dusun Nusagede

Luas wilayah Desa Cijulang adalah sebesar 262,013 Ha. Dengan penggunaan luas wilayah yaitu sebesar 42,217 Ha digunakan sebagai wilayah pemukiman umum; 1236,796 Ha untuk persawahan; 1.232 m2 untuk kantor desa; 2,66 Ha untuk sekolah; 1,064 Ha untuk tempat peribadatan; 10,64 Ha kuburan/makam; 9,8 Ha untuk jalan; dan lain-lain.

Desa Cijulang memiliki akses yang mudah dan terdapat fasilitas umum seperti jalan raya beraspal sepanjang 4 km, jalan belum beraspal 3,1 km, dan bandara. Untuk jarak ke kantor kecamatan adalah 0,05 km dengan waktu tempuh 3 menit. Untuk jarak ke kantor kabupaten adalah 190 km dengan waktu tempuh 3 jam. Untuk jarak ke ibukota propinsi 236 km.

Dusun Haurseah merupakan dusun yang terletak di selatan desa Cijulang. Desa ini terletak di kawasan Jalan raya Cijulang. Jumlah penduduk dusun ini kurang lebih sebanyak 1200 kepala keluarga, teridir dari 4 RW dan 11 RT. Mata pencaharian utama di dusun ini adalah petani, PNS, dan Guru. Tetapi di dusun ini juga terdapat pekerjaan lain seperti peternak, pedagang, maupun yang memiliki usaha kecil menengah. UKM (Usaha Kecil Menengah) yang ada di dusun ini adalah natta de coco, usaha kerupuk, usaha sale pisang, dan usaha telur asin. Selain itu juga terdapat usaha rotan, usaha pembuatan atap nipah, usaha pembuatan karpe/atap mobil dan lain-lain. Di dusun ini terdapat 10 masjid. Organisasi yang ada di dusun ini adalah PKK dan Karang Taruna. Kegiatan yang biasa dilakukan oleh PKK ini adalah posyandu, selain itu setiap tanggal 25 diadakan kegiatan khusus ibu-ibu PKK di dusun ini. Karang tarunan di dusun ini kurang begitu aktif karena banyak pemuda di dusun bahkan di Desa Cijulang ini yang sudah bekerja, pindah ke kota, dan banyak yang sudah berkeluarga. Dusun yang dipimpin oleh bapak Gunawan ini memiliki bangunan pendidikan TK, SD dan SMP.

Dusun Nusagede merupakan dusun paling luas di Desa Cijulang yang terdiri dari 2 RW dan 9 RT. Dusun yang dipimpin oleh bapak Sahlan ini terletak di bagian timur desa Cijulang. Mata pencaharian umum yang ada di dusun ini adalah pertanian, peternakan, perikanan, PNS, dan terdapat juga UKM di dusun itu. Dimana 5% warga adalah PNS, 30% nelayan, 60% pertanian, dan 3% buruh kasar. Kawasan di dusun ini terdiri dari kawasan perairan sehingga banyak warga yang berkerja di bidang perikanan. Potensi peternakan yang ada di di dusun ini adalah peternakan sapi, ayam, dan domba. Usaha kecil menengah yang ada di dusun ini adalah pengolahan kelapa seperti pembuatan kopra dan nata de coco, selain itu juga terdapat usaha pembuatan atap dari nipah, pembuatan bata, dan pembuatan ikan asin. Fasilitas umum yang ada di dusun ini adalah mesjid, posyandu, poswasmas (pos pengawasan masyarakat) di bagian perikanan, SDN Cijulang, dan TK Bina Harapan. Dusun ini juga terdapat hutan mangrove yang bermanfaat untuk menetralisasi air dari sawah, pemijahan ikan, tempat ikan kecil, dan tempat untuk mencari plankton.

Dusun Ciwaru merupakan pusat desa Cijulang. Di Dusun ini dipimpin oleh bapak Hayat Safe’i dan di kawasan dusun ini terdapat kantor desa, dan kantor camat. Dusun ini terdiri dari 3 RW dan 11 RT dengan jumlah penduduk sekitar 354 kepala keluarga. Mata pencaharian utama dari dusun ini adalah buruh, dan sisanya bekerja sebagai guru dan pedagang. Warga disini tidak ada yang memiliki peternakan besar melainkan hanya memelhiara hewan ternak pribadi seperti ayam atau sapi. Fasilitas umum yang ada di dusun ini adalah mesjid sebanyak 7 gedung, 1 SMP, 1 SMK, dan 2 Madrasah. Usaha yang ada di dusun ini adalah pembuatan kerupuk, cuci mobil, dan pembuatan atap nipah. Di dusun ini tidak memiliki fasilitas kesehatan seperti puskesmas, karena puskesmas hanya ada di dusun Kalenwadas, selain itu dusun ini juga tidak memiliki lahan pertanian.Kegiatan rutin yang ada di dusun ini adalah kegiatan gotong royong “jumsih” (Jumat Bersih), dan kegiatan pengajian. Organisasi aktif yang ada di dusun ini adalah PKK, dan Pemuda Pancasila. Warga dusun ini juga terdapat warga yang aktif di partai politik yaitu partai politik Golkar dan PAN.

Dusun Barengkok terletak di bagian barat desa Cijulang dan terdiri dari 3 RW dan 10 RT. Di tiap RT dari dusun ini terdiri dari kurang lebih 37 kepala keluarga. Mata pencaharian utama dari dusun ini kebanyakan adalah pertanian, dan buruh, selain itu juga terdapat peternakan, dan UKM di dusun ini. UKM yang ada di dusun ini umumnya adalah usaha pembuatan opak, pembuatan hawu, dan usaha kerajinan tangan. Warga dusun ini juga banyak yang bekerja sebagai buruh. Kawasan dusun barengkok memiliki sawah yang sangat luas, dan menandakan pertanian di dusun ini adalah petani padi dan di dusun ini terdapat beberapa kelompok tani salah satunya adalah kelompok tani Harapan Mekar. Dusun ini juga banyak yang memiliki hewan ternak seperti ternak ayam, kambing, sapi, maupun unggas lain. Organisasi yang ada di dusun ini adalah PKK, Posyandu yang diadakan sekali tiap bulannya, dan karang taruna. Kegiatan karang taruna di dusun ini kurang aktif seperti di dusun lain. Dusun ini terdiri dari 11 mesjid sebagai tempat untuk melakukan kegiatan beragama. Kegiatan pemilu parpol (pemilihan umum partai politik) berjalan lancar di dusun ini, saling menghargai dan menghormati. Dari segi keamanan, di dusun ini termasuk aman.

Dusun terakhir adalah dusun Kalenwadas yang terdiri dari 3 RW dan 16 RT. Jumlah rumah tangga di dusun ini sekitar 254 rumah tangga. Riwayat pendidikan kebanyakan warga dari dusun ini adalah tamat SLTA. Menurut data dari dusun ini, kebanyakan warga yang tinggal di dusun ini adalah warga pemuda dengan usia 22-59 tahun. Organisasi yang aktif di dsusun ini sama seperti di dusun lain yaitu PKK dan kegiatan posyandu. Dusun ini terkenal dengan kemampuannya di bidang olahraga voli. Karang taruna yang di dusun ini tidak aktif lagi karena banyak yang sudah pindah ke kota atau sudah berkeluarga.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: